*Bikin Karbu Lama Jadi Clink
Jika kita punya larbu memang kalau sudah lama akan nampak kotor dan kehitam-hitaman hingga permukaan karbu kelihatan kusam, tidak seperti aslinya.Untuk mengatasi ini tidak perlu repot lagi untuk mengembalikan keadaan seperti semula, fungsi atau kegunaan karbu tersebut masih normal hanya bagian bodi saja yang kusam.Trik untuk membuat karbu lama terlihat clink ini kita siapkan cairan pembersih porselen.Harganya murah dan dipasaran mudah didapat mungkin kita hanya keluarkan uang kisaran Rp.10.000,00 sampai Rp.25.000,00 saja.
Sekarang kita tinggal menyiapkan bahan yaitu kuas, kertas amplas, dan pembersih porselen.Awal yang dilakukan karbu harus bersih dari kotoran dan debu.Tahap pertama dibersihkan dengan kuas dicampur bensin atau alternatif tiner .Bantuan tiner untuk menggerus kotoran yang melekat disela-sela karbu tapi sebelumnya lubang-lubang karbu ditutup macam corong fliter dan venturi, ini berguna agar cairan tidak masuk kedalam ruang karbu .
Setelah dibersihkan tinggal dikeringkan kembali, tetap kedua permukaan karbu dibersihkan dengan kertas amplas dan pilih ukuran agak halus agar bodi karbu tidak lecet, ini berfungsi untuk membuang kotoran lapisan permukaan luarnya saja.Setelah digosok amplas selanjutnya lita siapkan air yang sudah dicampur dengan cairan pembersih porselen.Aawas cairan porselen ini keras, dianjurkan memakai sarung tangan plastik waktu melakukan pembersihan ini.Untuk menggosok atau mulai tahap pembersih kita pakai kuas atau sikat gigi agar sela-sela dikotoran karbu dapat terangkat dan bersih.Cairan porselen termasuk keras dan jangan sampai terlalu lama membersihkan cukup 1 menit saja dan langsung disiram air.Dianjurkan jangan merendam karbu dengan cairan porselen, karena cairan ini mudah menggerus logam.Selanjutnya tinggal dibersihkan dengan air sampai benar-benar bersih dan kini karbu nampak clink.Untuk menjaga karbu yang sudah clink lebih awet dan tahan lama maka kita lapisi dengan menggunakan permis. sumber : Majalah Ototrend
*Wajib Baut Bodi Ditambah Ring !
Ada yang perlu dicermati mengenai baut bodi belakang New MX-135 LC.Sebab, seluruh baut bodinya tidak dilengkapi dengan ring.Sehingga saat proses pengencangan baut,kerap membuat bodi tergores maka saat melakukan servis berkala lebih baik langsung minta ring baut bodi kemekaniknya.
Ring baut nanti dimanfaatkan sebagai pelapis bodi, sehingga tidak mengenai gerus kepala baut saat proses pengencangan dan hal ini berlaku untuk semua motor. Terutama pada baut yang kontak langsung dengan bodi ada lapisan catnya. kalau buat pengikat bodi textur kulit jeruk juga tidak ada masalah.
Pastikan ukuran ring atau diameter luarnya, sesuai dengan diameter kepala baut diameter dalamnya ada selisih dengan diameter luar baut.Agar baut dan ring dapat bergerak bebas.
Jika kita punya larbu memang kalau sudah lama akan nampak kotor dan kehitam-hitaman hingga permukaan karbu kelihatan kusam, tidak seperti aslinya.Untuk mengatasi ini tidak perlu repot lagi untuk mengembalikan keadaan seperti semula, fungsi atau kegunaan karbu tersebut masih normal hanya bagian bodi saja yang kusam.Trik untuk membuat karbu lama terlihat clink ini kita siapkan cairan pembersih porselen.Harganya murah dan dipasaran mudah didapat mungkin kita hanya keluarkan uang kisaran Rp.10.000,00 sampai Rp.25.000,00 saja.
Sekarang kita tinggal menyiapkan bahan yaitu kuas, kertas amplas, dan pembersih porselen.Awal yang dilakukan karbu harus bersih dari kotoran dan debu.Tahap pertama dibersihkan dengan kuas dicampur bensin atau alternatif tiner .Bantuan tiner untuk menggerus kotoran yang melekat disela-sela karbu tapi sebelumnya lubang-lubang karbu ditutup macam corong fliter dan venturi, ini berguna agar cairan tidak masuk kedalam ruang karbu .
Setelah dibersihkan tinggal dikeringkan kembali, tetap kedua permukaan karbu dibersihkan dengan kertas amplas dan pilih ukuran agak halus agar bodi karbu tidak lecet, ini berfungsi untuk membuang kotoran lapisan permukaan luarnya saja.Setelah digosok amplas selanjutnya lita siapkan air yang sudah dicampur dengan cairan pembersih porselen.Aawas cairan porselen ini keras, dianjurkan memakai sarung tangan plastik waktu melakukan pembersihan ini.Untuk menggosok atau mulai tahap pembersih kita pakai kuas atau sikat gigi agar sela-sela dikotoran karbu dapat terangkat dan bersih.Cairan porselen termasuk keras dan jangan sampai terlalu lama membersihkan cukup 1 menit saja dan langsung disiram air.Dianjurkan jangan merendam karbu dengan cairan porselen, karena cairan ini mudah menggerus logam.Selanjutnya tinggal dibersihkan dengan air sampai benar-benar bersih dan kini karbu nampak clink.Untuk menjaga karbu yang sudah clink lebih awet dan tahan lama maka kita lapisi dengan menggunakan permis. sumber : Majalah Ototrend
*Wajib Baut Bodi Ditambah Ring !
Ada yang perlu dicermati mengenai baut bodi belakang New MX-135 LC.Sebab, seluruh baut bodinya tidak dilengkapi dengan ring.Sehingga saat proses pengencangan baut,kerap membuat bodi tergores maka saat melakukan servis berkala lebih baik langsung minta ring baut bodi kemekaniknya.
Ring baut nanti dimanfaatkan sebagai pelapis bodi, sehingga tidak mengenai gerus kepala baut saat proses pengencangan dan hal ini berlaku untuk semua motor. Terutama pada baut yang kontak langsung dengan bodi ada lapisan catnya. kalau buat pengikat bodi textur kulit jeruk juga tidak ada masalah.
Pastikan ukuran ring atau diameter luarnya, sesuai dengan diameter kepala baut diameter dalamnya ada selisih dengan diameter luar baut.Agar baut dan ring dapat bergerak bebas.