Rabu, 10 Agustus 2011

Tips Mudik Dengan Mobil


Situasi menjelang hari raya idul fitri menjelang lebaran memang sedikit rawan, terlebih di jalan raya karena banyak sekali kendaraan pemudik yang berlalu lalang. Untuk menghindari kemacetan di jalan raya anda perlu info mudik lebaran 2011, sehingga nantinya tidak terjebak pada jalur rawan kemacetan yang paling banyak menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Mudik memang tidak wajib dilakukan, tetapi banyak sekali yang tidak menyia-nyiakan kesempatan yang hanya sekali setiap tahun tersebut. Kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga memang sesuatu yang sangat berharga, dan itu bisa kita dapatkan sepenuhnya disaat lebaran sehingga banyak sekali yang melakukan mudik lebaran pada saat yang bersamaan. Dan untuk anda yang berencana untuk melakukan mudik lebaran 2011 dengan mobil, berikut ini tips yang perlu anda ketahui:

1. Cek kondisi mobil, sebaiknya gunakan di bengkel resmi (sekali setahun masih lebih murah dibanding kerusakan yang terjadi karena memakai bengkel amatir).

2. Bawa perlengkapan standard; tools kit, dongkrak, ban serep, kotak P3K, segi 3 pengaman (bukan CD), kunci roda, senter, syukur2 punya pompa electric [sambung dengan colokan listrik]. Ember dan beberapa biji air aqua 1 literan [untuk diminum dan siapa tahu radiator tiba-tiba ngadat, minta minum terus]

3. Cek kondisi tubuh. Tanya pada diri sendiri, seberapa kuat nyetir. Kalau tidak yakin sebaiknya pakai sopir profesional, atau cari co pilot.

4. Beri briefing pada seluruh peserta mudik, bahwa selama perjalanan wajib pasang muka senyum, karena muka tanpa senyum tidak bermanfaat dan muka dengan senyum dapat menghilangkan penat di jalan.

5. Bagi yang ikut milis, segera lapor untuk menonaktifkan kenaggotaan untuk sementara atau minta terima rangkuman imil harian (1 imil satu hari)

6. Meskipun puasa, ada baiknya bawa makanan yang terjamin gizi dan kebersihannya, karena saat mudik banyak warung yang tidak sempat nyuci piring dengan baik [akibat kelarisan]. Warung yang terjamin kebersihannya tapi kurang bergizi adalah fast food fried chicken.

7. Atur tumpukan barang mulai dari yang paling tidak diperlukan di jalan sampai yang sewaktu-waktu diperlukan di jalan.

8. Untuk buang air (kecil maupun besar), pilih pom bensin yang besar, jadi kalau ngisi bensin jangan penuh-penuh biar bisa mbagi rejeki ke beberapa pom bensin [ini saran tanpa dasar tapi logis lho..!:-)]

9. Jangan pernah merasa benar meskipun anda berada di jalan yang benar. Risikonya ditabrak orang yang salah jalan, sehingga nggak sampai ke kampung malah masuk rumah sakit. Mengalah setahun sekali banyak pahalanya. Amin.

10. Menyalip rombongan truk/bus dari kiri kadang bisa membebaskan diri dari stress [karena truk/bisnya jalan bak kura-kura lapar], tapi risiko perlu diperhitungkan masak-masak [lihat item no 9]

11. Menjelang lebaran, hampir semua majalah menyediakan tips untuk mudik. Segera ambil bagian petanya, karena hal sepele ini kadang-kadang diperlukan di jalan. Kalau mau search pakai google juga bisa, pasti menjelang lebaran banyak penyedia peta mudik.

12. Pastikan HaPe dalam kondisi full charge. Bila membawa beberapa HaPe, cukup salah satu atau salah dua yang dihidupkan. Bila dianggap perlu beli kartu perdana beberapa biji [dari beberapa operator], sehingga selalu dapat sinyal dimanapun berada.

13. Pastikan pamit dengan pak RT dan Satpam, sehingga mereka tahu kalau kita sudah tidak di rumah lagi. Tinggalkan nomor hape yang bisa dihubungi. Syukur-syukur bisa ninggalin sangu buat satpam.

14. Pilih waktu berangkat sesuai kebiasan anda menyetir, atau kebiasaan sopir menyetir. Berangkat pagi dapat menikmati perjalanan, tetapi lambat. Berangkat malem lebih cepat tapi ada bahaya ngantuk. Bila bingung, sholat dulu, minta petunjuk pada Tuhan.

15. Sebelum berangkat, pastikan lagi semua kabel listrik sudah tercabut dari colokannya [lemari es, tivi, setrikaan, radio, dll]. Regulator tabung gas sudah dilepas dari tabungnya. Semua pintu sudah terkunci. Taruh sandal beberapa biji di depan pintu [mengesankan ada orang di dalam]. Bila memungkinkan pasang lampu sensor [malam nyala dan siang mati].

16. Bila berlangganan koran, pastikan sudah bilang sama agen agar tidak mengirim koran sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

17. Bawa ID Card [KTP, SIM, STNK] yang berlaku [pasport gak usah dibawa gak papa]

18. Berdoa sebelum berangkat. Berdoa sepanjang jalan dan bersyukur bila sudah sampai dengan selamat.

19. Bagi yang membawa anak kecil, pastikan semua keperluan dan kebiasaan anak sudah kita pahami, sehingga kita sudah punya jadwal kapan berhenti dan apa saja yang perlu dibawa untuk mengatasi kerewelan anak.

Semoga tips mudik dengan menggunakan mobil diatas bisa menambah wawasan anda sehingga bisa melakukan mudik lebaran 2011 dengan aman, nyaman, serta selamat sampai tujuan. Dan apabila anda tidak mudik dengan menggunakan mobil, silahkan baca tips mudik dengan menggunakan sepeda motor.
Foto: Istimewa
Tips Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi
Selain kesiapan mental dan fisik, sebelum mudik kendaraan pun harus dicek dan diservis. Bila tidak, siap-siap saja bakalan mengalami kerepotan sepanjang perjalanan. Padahal, perjalanan mudik bisa jadi merupakan sesuatu yang menyenangkan.

Agar perjalanan Anda jadi menyenangkan, apa saja yang perlu diperiksa sebelum mudik?

Pengapian
Salah satu indikasi mesin yang oke, suaranya tetap halus pada putaran langsam atau stationer. Jangan ragu untuk memeriksa kondisi koil dan platina atau CDI agar tetap berfungsi baik. Selain itu, perlu dicermati busi berikut kabelnya. Bila elektrodanya agak hitam, jangan ambil resiko, ganti saja dengan yang baru, atau minimal segera bersihkan dengan amplas halus.

Kelistrikan
Periksa soket, sekring, relay, kabel, amper, alternator, instrumen di dasbor dan cek juga kondisi accu, termasuk kutub terminal. Air aki jangan kurang dan kondisi aki harus bebas dari kerak – kerak putih. Caranya bersihkan dengan air panas. Setelah dikeringkan, olesi kutub terminal atau kepala Aki dengan gemuk. Cek juga kabel aki yang ke massa, motor starter, dan kunci kontak.

Oli mesin, gardan, transmisi
Kapan terakhir kali ganti oli mesin, gardan, dan transmisi? Lupa? Biar terjamin, ganti oli mesin yang baru, boleh sendiri atau di bengkel langganan. Oli sangat penting karena mesin mobil butuh pelumasan yang baik sebab Anda bakal menempuh perjalanan jauh dan mungkin juga kemacetan.

Radiator, tali kipas, pengatur hawa
Radiator bekerja baik bila air radiator tak perlu ditambah. Ketika suhu mesin tinggi, air di tangki cadangan bertambah, sebaliknya saat mesin dingin, air di radiator akan berkurang atau kembali normal. Tali kipas alternator dan AC juga perlu diperiksa, bila ada retak-retak kecil, dengan tanda berbunyi ...cit...cit..., segera ganti dengan yang baru. Jangan remehkan juga masalah pengatur udara (AC), segera servis biar ruangan mobil tetap sejuk selama mudik.

Rem
Soal rem, jangan tawar – tawar lagi. Buka ke empat roda, bersihkan/cuci teromol dan piringan remnya, cek mekanisme rem, kabel rem, kerja rem tangan – sebab diandalkan ketika jalan menurun/menanjak, cek juga minyak rem.

Ban
Periksa tekanan angin dan keausan ban. Bila anggaran terbatas untuk beli ban baru, don't worry. Tukar silang ke – 4 posisi ban yang kembangnya lebih baik ditaruh depan. Biar sip, setelah ban dirotasi, lakukan spooring & balancing. Pengendalian lebih nyaman dan setir pun tidak bergetar pada kecepatan tinggi.

Siapkan suku cadang dan tool kit
Setelah melakukan proses pengecekan di atas, sediakan pula suku cadang, seperti: tali kipas, sekring 10A atau 15 A, isolator, lampu (rem, mundur, lampu utama), plus peralatan standar: dongkrak, segitiga pengaman, 1 set kunci ring/pas, obeng (+ dan – ), tang, relay, test pen, kompresor mini, sarung tangan dan cairan penetran WD40. Tak kalah penting, sediakan juga kotak P3K!.sumber:(http://www.anehnie.com/2010/08/tips-mudik-dengan-mobil.html)dan(http://www.avanzaxenia.net/showthread.php?tid=18421)

0 komentar:

Posting Komentar